Batik Motif Aceh Mulai diminati

batik-motif-aceh

batik motif aceh dengan bahan dasar kain tenun mulai diminati masyarakat, terlebih pegawai negeri sipil pada daerah tersebut, kata sekretaris dewan kerajinan nasional (dekranas) provinsi aceh ir netty muharni murp.

sudah ada yang membeli batik selama balai properti batik binaan dekranas aceh. hampir seluruh pemerintah kabupaten/kota sudah memesan supaya pakaian wajib sampingan kaum pegawainya, ujarnya selama banda aceh, kamis.

( Info: Batik Couple Modern ) selain supaya pakaian dinas sampingan, ada dan pihak swasta semisal perbankan dan serta membuat batik motif aceh, ujar netty yang didampingi koordinator balai rumah batik oliya m.

menurutnya, harga kain batik motif aceh diantara rp250.000 hingga rp1 juta dan tergantung daripada bidang kainnya.

balai rumah batik rata-rata mampu memproduksi 200 potong bakal kain baju setiap bulan. batik yang diproduksi seluruhnya berbahan dasar kain tenun bukan mesin dan juga milik dekranas aceh.

( Info: Grosir Batik ) ia mengatakan, terkandung beberapa bidang kain dan banyak diminati penduduk selama provinsi paling ujung barat sumatera yaitu berbahan katon morry, doby, piscos, sutra super, sutra timbul, sutra atm (alat tenun mesin) juga sutra atbm (alat tenun bukan mesin).

kalau motif batiknya yang paling diminati rencong, pintu aceh serta gayo, katanya dulu.

netty dan serta kepala bidang promosi di badan investasi serta beriklan aceh itu menyebutkan pihaknya memiliki lebih 100 cetakkan batik bermotif aceh.

ia dan menyatakan batik aceh mempunyai motif yang membeli zat alam dan budaya serta perpaduan warna dan menonjol seperti merah, hijau, kuning dan merah muda.

motif yang dimanfaatkan pada batik aceh serta mengandung makna falsafah hidup penduduk aceh.

netty menyatakan, website dekranas aceh ke depan rumah batik aceh itu ingin direnovasi lebih bagus dulu, makanya menjadi objek wisata juga pusat studi juga latihan.

jadi, anak-anak aceh dan memiliki bakat disainer, dapat belajar pada balai tersebut, disamping supaya melestarikan batik aceh, katanya.